Pengunjung Website
Hari Ini: 7,340
Minggu Ini: 367,544
Bulan Ini: 1,912,307
|
Jumlah Pengunjung: 13,126,071

Program Outbound TNI AU Bagi Awak Media: Tingkatkan Wawasan Tentang Pendidikan dan Sejarah Penerbangan TNI AU

TNI AU. Puluhan jurnalis dari media cetak, elektronik, dan online Nasional merasakan pengalaman tak terlupakan dalam rangkaian Outbound Awak Media 2023 di Lanud Adisutjipto. Dalam kunjungan ini, para jurnalis berkesempatan menjelajahi kawah candradimuka bagi para penerbang TNI AU.

Di Skaron Pendidikan (Skadik) 104 Lanud Adisutjipto, para jurnalis tak hanya melihat, tetapi juga mencoba langsung simulator/Flight Training Device (FTD) KT-1B Wong Bee dan Grob G-120 TP-A. Didampingi oleh instruktur penerbang, peserta outbond merasakan sensasi menerbangkan pesawat melalui simulator yang menciptakan pengalaman yang identik dengan penerbangan sebenarnya.

Kapten Lek Mahfud, teknisi Skadik 104 menjelaskan, Simulator pesawat diciptakan 99% seperti pesawat aslinya. Dikatakannya, bahwa para siswa penerbang wajib menggunakannya sebagai sarana simulasi latihan sebelum terbang dengan pesawat aslinya.

Kunjungan berlanjut ke shelter Skadik 101, awak media mendapat penjelasan tentang pesawat Grob yang menjadi langkah awal para penerbang TNI AU. Rasa antusias tampak dari wajah para jurnalis yang memperoleh informasi langsung dari instruktur dan siswa penerbang tentang teori, praktik, hingga aspek keselamatan penerbangan.

Kunjungan ke markas Jupiter Aerobatik Team (JAT) di Skadik 102 yang mengoperasionalkan pesawat KT-1 Wongbee, menjadi penutup kegiatan, awak media mendapatkan penjelasan langsung dari para instruktur yang menhadi member JAT mengenai pesawat KT-1B Wong Bee, cara pelatihan dan bagaimana pengalaman Tim Aerobatik TNI AU ini dalam membanggakan nama Indonesia di dunia penerbangan.

Sebagai puncak acara, para jurnalis diajak menapak masa silam dengan menelusuri sejarah TNI AU di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Museum kedirgantaraan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara ini adalah kebanggaan TNI AU. 

Dengan berbagai koleksi benda bersejarah seperti pesawat, radar, senjata, seragam, foto, lukisan, dan diorama, mereka diberikan wawasan mendalam tentang kekuatan Udara Indonesia masa lampau. Museum ini dikelola secara profesional oleh personel Dispenau sebagai etalase perkembangan TNI AU dari masa ke masa.

Salah seorang jurnalis, Ardi, menyatakan kegembiraannya. Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang berlangsung dua hari di Yogyakarta.

Outbound Awak Media tahun 2023 ini tidak hanya berhasil mempererat tali hubungan antara TNI AU dan media, tetapi juga berhasil memperkenalkan proses pendidikan para penerbang TNI AU yang berperan dalam menjaga kedaulatan NKRI di udara, dan lintasan sejarah TNI AU sejak pra kemerdekaan hingga era masa kini.