Pengunjung Website
Hari Ini: 6,529
Minggu Ini: 366,693
Bulan Ini: 1,911,456
|
Jumlah Pengunjung: 13,125,220

Lanud Sut Tampilkan Aksi Bela Diri Militer Memukau di HUT ke-79 TNI Tahun 2024 di Sumatera Barat

TNI AU. Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud Sutan Sjahrir menampilkan aksi Bela Diri Militer (BDM) yang memukau di halaman Istana Gubernur Sumatera Barat, Padang. Sabtu, (5/10/2024).
Acara ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatan acara tambahan Setelah melaksanakan Upacara HUT TNI ke 79 tahun 2024.
Aksi Bela Diri Militer yang diperagakan oleh prajurit Lanud Sutan Sjahrir ini menampilkan ketangkasan, kecepatan, serta kekuatan fisik yang luar biasa. Bela Diri Militer (BDM) adalah teknik pertahanan dan serangan yang dikembangkan secara khusus untuk keperluan militer. Gerakan-gerakannya dirancang untuk efektif dalam situasi tempur nyata, melibatkan kombinasi teknik pukulan, tendangan, kuncian, dan bantingan.
Danlanud Sut Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin mengatakan, Aksi BDM ini merupakan bentuk kesiapan TNI dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara.
“TNI tidak hanya dituntut memiliki kemampuan dalam menggunakan senjata, tetapi juga keahlian dalam pertempuran jarak dekat. Bela Diri Militer menjadi salah satu keahlian penting yang terus diasah oleh para prajurit,” ujarnya.
Aksi demontrasi BDM ini juga menggunakan senjata karambit, yang biasa digunakan sebagai simbol kekuatan dan kearifan lokal. Karambit dikenal sebagai senjata tradisional dengan bilah melengkung yang sering digunakan dalam bela diri Minangkabau dan militer.
Selain itu ditampilkan juga pemecahan batu dan pematahan besi dragon yang dipatahkan menggunakan beberapa bagian tubuh.
Demonstrasi ini juga diperagakan oleh satuan dari yonif 133/ YS, Yonmarhanlan 2 padang, lanud Sutan Sjahrir, serta dari Polda Sumatera Barat.