Pengunjung Website
Hari Ini: 6,529
Minggu Ini: 366,693
Bulan Ini: 1,911,456
|
Jumlah Pengunjung: 13,125,220

Bangun Budaya Safety, Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Ceramah Lambangja

TNI AU.  Membangun budaya safety secara konsisten dan berkelanjutan, personel Lanud Sam Ratulangi mengikuti ceramah Keselamatan Terbang dan Kerja (Lambangja) di Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Rabu, (23/10/2024).

 

Ceramah ini merupakan rangkaian program Road To Zero Accident (RTZA) di Lanud Sam Ratulangi yang diselenggarakan oleh Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara (Puslaiklambangjaau) sejak tanggal 21 Oktober lalu yang diawali safety audit dan pengumpulan data di lingkungan Lanud Sam Ratulangi.

 

Pada kesempatan ini, Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Antariksa Anondo, S.E., M.Tr.(Han)., menyampaikan terima kasih atas kedatangan Dirlambangja Puslaiklambangjaau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., M.Han., beserta tim RTZA Puslaiklambangjaau dengan harapan rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan dan menyegarkan kembali pentingnya budaya safety, salah satunya ceramah Lambangja.

 

Melalui ceramah ini, lanjut Danlanud Sam Ratulangi, akan menambah wawasan, pengetahuan, dan masukan yang berharga bagi pelaksanaan tugas agar tercapai mission accomplished and safety always.

 

Sementara itu, Dirlambangja Puslaiklambangjaau saat membacakan sambutan Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Danet Hendriyanto, S.Sos.,  menjelaskan bahwa program RTZA merupakan salah satu sarana untuk mengevaluasi kinerja dan budaya safety di seluruh jajaran TNI Angkatan Udara yang nantinya tercapai kesamaan persepsi, pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam membangun budaya safety.

 

Selanjutnya disampaikan motto Puslaiklambangjaau yaitu "SIGAP" (Solutif, Integratif, Generatif, Antisipatif, dan Progresif) yang harud tertanam dalam setiap personel TNI Angkatan Udara untuk meminimalisir dan menghilangkan terjadinya incident atau accident.

 

Acara dilanjutkan dengan paparan mengenai Lambangja oleh Paban I/Binlambangja Kolonel Pnb M. Pandu Adi Subrata, S.H., M.Av.Mgt., kemudian ceramah bidang kesehatan oleh Kadep Aeroklinik Lakespra dr. Saryanto Kolonel Kes dr. M. Yogialamsa, M.S., Sp.OT., RTZA dari sudut pandang Pomau oleh Kabagbintahmil Puspomau Letkol Pom Dadan Triana, dan RTZA tinjauan aspek psikologis oleh Kasubsilat Sibindik Psidik Dispsiau Mayor Kes Gunung Frihartanto, S.Psi.